Saturday, September 20, 2008

lembah karmel zzz

postingan tanggal 27 Juni 2008


pergi2 saat liburan kali ini gw awali dengan pertobatan. haha berasa berdosa banget. yak, tanggal 22 kemaren gw pergi ke Lembah Karmel. ada yang ga tau tentang lembah karmel? ada? yaampun, kasian deh lo hahaha. Lembah karmel itu.....apa ya? gw juga agak ngga ngerti itu sebenernya tempat apaan. tempat ziarah bukan, soalnya ga ada Gua Maria atau apa pun yang bisa untuk diziarahin. tempat rekreasi jelas bukan, walaupun ramenya menandingi kebon binatang ragunan tapi sama sekali ga ada gajah di tempat ini. jadi ini tempat apa dong? yang jelas disana ada Kapel, Gereja, kolam ikan, yah pokoknya apapun yang biasanya berada di kompleks Gereja.

gw pergi bareng nyokap, adek, keluarga dari Lampung dan Jakarta, sama temen2 Gereja tante gw. jadi ini sebenernya acara Lingkungan Gereja tante gw, tapi telah dibajak oleh keluarga gw hahaha. tempat berangkatnya dari Gereja tante gw yang jaraknya deket banget sama rumah tante gw. jadinya gw beserta keluarga yang lain nginep di rumah tante gw karena berangkatnya pagi banget. gw tidur dikamar atas dengan 5 orang lainnya. awalnya gw udah mengira kamarnya bakalan dingin banget, soalnya pas masuk mau naro tas, dinginnya keterlaluan. sempet nyesel juga cuma pake celana pendek sama kaos oblong dan ga bawa jaket buat tidur ato celana panjang tidur. tapi untungnya pas udah mau tidur jadi agak anget. mungkin karena pengaruh banyak orang di kamar kali ya.

gw tidur sekitar jam 11an. dan roman2nya gw yang pertama kali terlelap. tapi gw ga tidur dengan nyenyak. kenape bisa begono? karenaa....banyak banget yang ngorok sumpah. heboh banget yang ngorok, sampe2 bisa bikin orkestra sendiri ckck. gw pun sempat bertanya2 dalam hati: gw kalo tidur ngorok kayak gitu ga ya? haduhh. alhasil gw nutupin kuping pake bantal. jadi gw mencoba melanjutkan tidur tanpa bantal karena bantalnya gw alihfungsikan sebagai penutup kuping. awalnya berhasil, tapi kemudian muncul masalah baru: gw jadi gabisa napas. ya Tuhan, ampun2 dah. gw sendiri bingung bagaimana caranya sampai gw bisa tidur kembali sampai dibangunin jam setengah 4 oleh tante gw. aduh, berasa berkantong mata ini.
gw bangun, sikat gigi, cuci muka, ganti baju (ngga mandi dan ngga nyetor haha. tapi semua juga gitu, ngga cuma gw sumpah), lalu gw ke bawah. di bawah udah ada sepupu gw lagi nonton bola, Belanda vs Rusia. gw yang dukung Belanda dengan senang hati menonton pertandingan ini. dengan memakai cardigan orange, gw udah berasa pendukung setia Belanda banget. tapi ternyata eh ternyata Belanda kalah. nyeeeehh. ga demen banget dah gw. setelah menunggu orang2 makan (gw ga makan mengingat itu masih pagi2 buta dan gw ga pernah makan sepagi itu dan gw masih terlalu ngantuk untuk membedakan mana mana centong nasi mana garpu), akhirnya kita berangkat jam stengah 5an.

di luar rumah dingin banget, maklum masih pagi. tapi yang gw heran, sepagi itu ada loh orang yang ngebakar sampah. asepnya gila beneeerr. di luar, gw dan spupu2 bingung mau jalan ato sambil jogging haha. tapi untuk keselamatan jiwa, kita memilih untuk berjalan kaki dengan santai. tempat berangkatnya deket banget sumpah, pas keluar rumah udah keliatan. tapi kok rasanya jauuuh banget dan ga nyampe2. dengan perjuangan tak kenal lelah dan kantuk berjalan kaki selama 3 menit, akhirnya sampe juga di busnya. seat busnya 2-3 gitu, dan gw duduk di seat yang 3 bareng nyokap dan adek. gw milih duduk deket jendela biar asoy ngeliat pemandangan di luar.

perjalanan pergi cukup oke, walaupun lumayan lama. 3 jam lebih. pas sampe, sumpah rame banget tempat parkirnya. kita pun buru2 menuju Gerejanya biar ga keabisan tempat. kalo masuk Gereja, gaboleh pake sepatu atau sandal, jadi harus dicopot dan dumasukin ke dalam plastik yang udah disediain. pas masuk Gereja, gw udah berasa nyasar ke Istora Senayan untuk menyaksikan final Indonesia Open, ato jangan2 orang2 disini semuanya salah tempat, mengira ini bener2 istora. tempat duduknya kayak tribun gitu. trus dpannya ada bantal duduk tipis kayak orang2 mau senam, dan ternyata ini tempat duduk juga. gw dan spupu2 memilih duduk di tribun paling atas pojok banget. disini pw banget, soalnya diblakangnya ada jendela gede jadi adem.

misanya mulai jam setengah 10. lagu pembukaannya sampe 4 lagu. pas lagu pembukaan gw malah sempet mengira ini malam spektakuler Indonesian Idol. semuanya nyanyi sambil tepok tangan, gw aja sampe capek tepok tangan mulu. kotbahnya juga lama banget dan gw sempet kepikiran untuk tidur. spupu gw yang kelas 6 sd malah udah tidur dengan nyenyak. tapi sebagai sepupu yang baik, gw pun mencontohkan hal baik untuk tidak tidur dalam misa. sebelum selesai misa kayak ada acara penyembuhan gitu. agak mirip sama acara orang Kristen yang di rvti yang suka ngomong ‘sodara2....’ itu. gw merasa agak aneh dengan acara ini. yaah percaya ga percaya sih, tapi gw mungkin masuk dalam yang tidak percaya itu. aneh aja si Pastor bisa merasakan ada yang sakit ini itu, dan orang yang sakit disuruh berdiri dan dinyatakan sembuh. well....aneh aja. trus ada penyembuhan bagian kaki. jadi orang2 yang bermasalah dengan kakinya entah pegel2, keseleo, atau mungkin punya kutu air disuruh berdiri. kebetulan sepupu gw ada yang sakit kakinya dan dia berdiri. dibilangin sembuh dan disuruh gerakin kakinya. dilihat dari mukanya, roman2nya ga ada perubaha dengan dikaki spupu gw. yah jadi makin ga percaya deh gw. yang unik, di altar ada orang sakit yang tiduran di tempat tidur lengkap dengan infus dari awal misa. gw yang tadinya mengira orang ini bakal mendapat mukjizat dan tiba2 bangun kayak acara di tipi pun heran justru orang ini ga disentih sedikitpun. dia dibiarin aja ngejogrok di altar sampe selese. zzzzz.

perjalanan pulang paling ngga banget. kita berangkat jam 2 dan nyampe tujuan jam 8. itu mah durasi perjalanan dari Jakartake Lampung. ini gara2 jalanannya sempet ditutup buat one way selama 1 jam. setelah dibuka kayak ga ada perubahan, tetep aja macet. gw yang berharap akan sempet menyaksikan pertandingan final Indonesia Open harus rela menerima kenyataan pahit ini ckck. gw mencoba untuk ol lewat ebuddy, menanyakan kepada orang2 apakah ada yang nonton, dan ternyata ngga ada. tapi muncullah Bang Alfon yang tenyata menonton dan dengan sukarela menjadi komentator dan melaporkan secara lengkap skor selama pertandingan ganda putra. Bang, jasamu sungguh besar. kuanggap lunas hutang taruhanmu itu hahaha. pertandinganya kayaknya seru banget, nyesel abis gw ga nonton. skornya kejar2an terus, gw heboh sementara yang lain tidur. abis pertandingan itu, sang komentator pensiun dan hp gw lowbatt. zzz.

lama2 duduk di bus badan gw jadi sakit semua, parah. leher gw pegel ngadep jendela mulu, pantat gw sakit duduk mulu, kaki gw ngilu ketekuk mulu. neraka banget deh. pas nyampe dan turun dari bus, gw udah mau sujud syukur karena cobaan ini telah berlalu, tetapi gw urungkan karena gw jadi susah berdiri gara2 kaki gw kesemutan. kapok gw ikut acara ginian lagi. bukannya sembuh dari segala penyakit karena ikut acara penyembuhan, malah badan jadi sakit2 pas pulang. rasanya sia2 banget pergi ke sana :(

No comments: