Saturday, February 28, 2009

all about slumdog millionaire

Jamal Malik is one question away from winning 20 million rupees.
How did he do it?
A: He cheated
B: He's lucky
C: He's a genius
D: It is written





***


udah pada nonton slumdog millionaire? bagus banget yaaa ceritanyaaaaaaa!!
hm, film ini mengharukan, ceritanya bagus, pemainnya juga india yang lumayan haha.

jadi ini mengisahkan tentang si jamal yang dari kecil hidupnya udah susah. sejak orangtuanya meninggal, dia tinggal sama kakaknya, salim. suatu hari dia ketemu sama anak yatim piatu, namanya latika. terus mereka tinggal bareng dan memplokamirkan diri mereka sebagai the three musketeers. fyi, mereka cuma tau nama musketeer ke-1 dan ke-2. jadi nama musketeer ke-3 masihg menjadi misteri bagi mereka.

pas udah gede, karena ada konflik jadinya si jamal misah sama salim & latika. sebenernya dia ga rela pisah sama latika soalnya jamal suka sama latika. tapi keadaan mengharuskan mereka berpisah. jamal bener-bener sendirian, dia gatau dimana salim atau latika. sampai akhirnya dia memutuskan buat ikutan who wants to be a millionaire. tujuannya cuma 1, yaitu supaya bisa ketemu latika. latika itu suka banget nonton wwtbam, jadinya sijamal berasumsi pasti latika bisa liat dia di tipi.

dia berhasil duduk di kursi panas dan menjawab pertanyaan yang diajukan dengan benar. semua orang pada heran, kok gembel kayak dia bisa sepinter itu bisa ngejawab pertanyaan. tapi dia bisa jawab karena semua pertanyaan yang diajukan berhubungan sama masa lalu dia, dia tau jaabannya karena dia pernah ngalamin semua itu sebagai gembel. tapi ada aja orang yang curiga kalo dia itu curang, jadi pas sebelum pertanyaan terakhir kan ceritanya waktunya udah abis, jadi ditunda ke episode selanjutnya. eh pas mau pulang dia ditangkep polisi gitu terus disuruh ngaku kalo dia berbuat curang.

tapi emang dia ga curang. dia punya alasan dibalik setiap jawabannya. jadi dia ceritain deh semuanya ke polisi yang menginterogasi. contohnya aja pas pertanyaan siapa pemain film india terkenal, apa tau judulnya gw lupa, dia bisa ngejawab dengan benar: Amitabh Bachan. emang dari dulu dia ngepens sama amitabh bhacan makanya dia tau.

pertanyaan lain, gambar siapa yang ada di duit $100? ya ilah, gembel mana tau beginian, ga mungkin kan gembel bisa tau siapa yang ada di duit $100 itu. tapi ternyata dia emang tau. jawabannya benjamin franklin. dia tau karena dulu dia pernah dikasih duit $100 sama turis bule gitu. itu duit paling besar yang pernah dia dapet. nah polisi yang menginterogasi itu nanya gambar siapa yang ada di duit india. 10000 rupee kalo ga salah. tapi dia gatau. gw langsung kayak terharu gitu loh. ngerti ga, dia ga pernah punya duit sebanyak 10000 rupee, makanya dia gatau. ini menunjukkan banget dia hidup susah.

setelah jawab-jawabin pertanyaan polisi, akhirnya dia dinyatakan ga bersalah dan boleh lanjutin kuisnya. dan pertanyaan terakhir adalah.....siapa nama musketeer ke-3? pas pertanyaan dia cuma ketawa. gw juga ikut ketawa. jamal ketawa ganteng sedangkan gw ketawa najong. dia familiar banget sama cerita ini, tapi dia gatau nama musketeer ke-3. akhirnya dia pake pilihan bantuan phone a friend. dia nemepon salim. tapi ternyata yg ngangkat si latika. bukannya dia nanya jawaban eh dia malah melepas rindu zz. untung si pembawa acaranya ngingetin terus jamal nanya jabawan ke latika. tapi latika cuma jawab "i don't know". mampus deh gatau jawabannya. tapi dia mau coba jawab. and what a lucky guess, he's right! dia pun membawa pulang duit 20 juta rupee.

bisa ditebak kan, akhirnya dia ketemu lagi sama latika dan hidup bahagia selama-lamanya. terus pas mau abis, ciri khas india pun muncul. mulai deh si jamal sama latika nari-nari ala film india. terus tiba-tiba semua juga ikut nari, gatau muncul darimana zz.



over all, gw setuju banget film ini menang berbagai penghargaan oscar. emang keren banget film ini sumpah! wajib nonton deh!
***
D: It is written
and it's brilliant

No comments: